How to Make Appetizing Gepuk daging sapi

Gepuk daging sapi. Resep gepuk atau empal gepuk merupakan cara membuat empal daging sapi goreng empuk yang menjadi favorit masakan kuliner khas Bandung maupun masyarakat Sunda. Mendiang ibuku kerapkali memasak Gepuk daging sapi ini sebagai lauk keluarga, Hingga kini lauk ini masih tetap tersaji sesuai resep.yang pernah dibuat ibuku dan proses pembuatan nya pun masih. Nah, agar tak lagi penasaran berikut ini resep membuat empal atau gempuk daging sapi yang lezat.

Gepuk daging sapi Empal Gepuk atau Gepuk adalah makanan khas sunda, Jawa Barat, JABAR yang terbuat dari daging sapi, terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi yang diiris searah. Gepuk daging sapi ini, paling nikmat jika disantap dengan sajian pecel atau seporsi nasi hangat. You can cook Gepuk daging sapi using 12 ingredients and 5 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Gepuk daging sapi

  1. Prepare 1 kg of daging sapi (has dalam/luar).
  2. It's 500 ml of santan.
  3. Prepare of Bahan halus :.
  4. It's 10 siung of bawang merah.
  5. Prepare 5 siung of bawang putih.
  6. You need 4 ruas of lengkuas, memarkan.
  7. You need 2 sdm of gula merah (me : 3 sdm aren cair) sesuai selera.
  8. It's 2 sdm of garam (sesuai selera).
  9. You need 1 sdm of ketumbar.
  10. It's 2 batang of sereh, memarkan.
  11. It's 3 lembar of daun salam.
  12. Prepare Secukupnya of minyak goreng.

Di Jawa Barat sendiri sebenarnya banyak juga gerai oleh-oleh yang menawarkan menu gepuk daging. Empal ( Gepuk ) adalah kuliner masakan dari bahan daging sapi yang diolah dengan cara daging sapi direbus terlebih dahulu dengan bumbu sampai empuk yang kemudian digoreng. Gepuk daging sapi, merupakan makanan yang cukup terkenal di daerah Jawa Barat dan menjadi salah satu lauk pauk yang hampir semua orang mengkonsumsinya. Daging sapi yang dibuat gepuk hingga terasa empuk dan mudah saat dikunyah harus melewati proses Selengkapnya mengenai pembuatan gepuk daging sapi dapat anda lihat pada ulasan cara.

Gepuk daging sapi step by step

  1. Cuci daging hingga bersih. Lalu rebus daging hingga empuk..
  2. Iris daging ±1cm, lalu memarkan.
  3. Masak santan bersama bumbu halus, dengan api kecil sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. setelah mendidih masukan daging masak sampai santan mengental. Matikan.
  4. Biarkan daging dan bumbu selama semaleman (aku masaknya sore, kalo masak pagi sore sudah bisa digoreng) atau biarkan bumbu meresap di daging..
  5. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng. Goreng daging hingga kecoklatan dengan api kecil. Angkat.

Gepuk merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi dengan cita rasa manis dan gurih. Nah, kalau pengin masak gepuk yang berbeda, kamu bisa mencoba dengan daging suwir. Salah satu hidangan Nusantara berbahan dasar daging adalah empal gepuk. Kata gepuk sendiri berasal dari cara pembuatannya. Jadi, sebelum dibumbui dan diungkep, daging digepuk.

LihatTutupKomentar